tweety

Senin, 27 Desember 2010

menggila kewarganegaraan (hi. ga ada ide ni)- part 2

December 15 at 11:53pm via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Dinni Maura Azimuth Azure
Hodoh.. Telat. Uda panjang gni koment.y jd bngung mw koment apa. Gw jg tdi.y mw koment per paragraf td gmna org bka d hp. Dan sial.y ni koment" pke gw bca. Jd aja blank. Hrz nemu pc, ngoment tu se abrek. Ntaran deh. Tp tntng yg gurning: sia...l lu ly. Gw kan mskin.. Hodoh. Emg ini tgas ya? Aneh bgt. Ntar gw matkul pkn gni jg g ya? Serem amat ih. Mendng dksh fisika lg aja deh gw. Brasa g guna. Kta tu cma bcra tntng 'oh madani' Bla3. Gw ykin g ada sdktpun yg brubah dr dri lo. Msh ska buang smph smbrangn, msh teuteup diem wktu angkt" pd ngetem ngalangin jln, dsbg. Cma intelktual lo yg jalan. Krtis bla3. Pkn d ajarn dr sd bwt dpt nlai bgus. G ngruh bnyk bwt ngara. Emg saklek tw ly yg kya gni tu. Yg crdas aja cma bsa mkr doank. Dan yg crdas tu g smw tajir. Yg mskn, mski crdas g bkal mw rpot" mkrin gnian. Bnr kta dadan. Bnr kta isa. Bnr kta yasser. Kta emg hrz mulai dr dri sndri. KITA. KITA SEMUA. Jd lo g bsa mkr gni sndrian. SEMUA org indo hrz mikir kya gni dlu bru lo bleh ngomng soal madani. Cma mkir doang pun bkanSee More
December 16 at 7:52am via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Dinni Maura Azimuth Azure
Brarti ini trwujud. Lo pkr deh. Jaman skrang org bae sma org g bae bnykan mana.. Hmh.. Maka.y ada yg blang yg kya mkn kya yg mskn mkn mskn. da emg gt. Lo bner. Tolernsi emg uda g tw ada dmna. Emang ada. Tp kalo bcra umum.y.. Helloooo.. Indo...nesia gt loh. Sebejibun bejibun.y bntuan tetep aja kta g bkal bsa ngimpi jd madani. Yg kya pda rudet. Yg miskn aplgi. Oke bralih dr jurang pmisah si kya dan si miskn, fktor 'kbnykn.y rkyt indo' emg bner. Kmandrian kta emg scuil bhkan mngkn g ada. Org crdas kalo ngmngn madani bwt indo, mnding dy kbur aja kngra laen (mskpun kalo kta gw, smaju".y ngra emg g akn ada yg nama.y madani. Keidealan itu g akn bsa dcpai. Hodoh. Jd inget matkul lanpen gw. Uda ckp cape ngmngn ideal. Kta trz ngmng ideal. Ideal. Ideal. Tnpa kta tw btas indeal tu kya gmna. Indktor.y apa. Bhkan saat kta mncpai indktor itu pun kta akn tetp mngejar" keidealan. Krna akn lbh tnggi lg tngkt keidealn itu. Trz bgtu smpai tak hngga. Kebaikn itu dlm nyata.y g bsa hnya dnotasikan 100 dan kta g bsa dpt 101. KeidealanSee More
December 16 at 8:06am via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Elly Nu'ma Zahroti
Gw baru bc lagi ni. Ternyata, gw malah g nangkep ap yang gw omongin sendiri. Dr note yang gw tulis, jelas gw pengen kita rubah persepsi kita. Terlebih dahulu. Dan jelas it mulai dr diri kita kn. Tp gw malah nentang isa, klo kita bneran fok...us sm kita harus berubah, brarti harus ad yang nunggu dan gw ngrasa orang" yang nunggu it tu bneran emang cm nunggu. Skalinya gerak bukan buat kita. Tp buat diri mreka sndiri.
Trs soal yang pak gurning it, ak emang setuju, dengan catatan kematian orang" miskin yang g ngasih kontribusi ap". Orang" miskin yang emang krn dirinyalah mreka miskin.
Hmm..
Dan iy c, slama in emang gw cm mikir doank. Nothing to do. Krn emang sbenarnya gw masih agak g peduli. Tp mengingat teori ini kembali diingatkan, y mikir lg de, berhubung kalian semua negor, termasuk elo din (kyknya emang bner de, sesaklek inikah gw? Ckck..)

ah, jadi merenung ni.
Azis bkal bilang ap y? (asli gw nungguin komennya dy).

Intinya, pemikiran gw, masih belum bs dipertanggungjawabkan, sekedar bcra, oh oh..
Hwa hwa. Thx u isa, yasser, dadan (kyknya ak inget bgt de, mimik km bkal kyk gmn klo bcra soal gnian), mostly for dini.. (yang ak katain miskin bukan km.. Hhu.)See More
December 16 at 8:15am via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Dinni Maura Azimuth Azure
Kya bilangn real postf. Stnggi" harga lo pasang, pzti ada yg lbh tnggi. Masalh tu bkal tetep ada. G akn g ada.) oke klo kta blang "mendkti" ideal (kya.y lo bkal ngmng kya gni. Tp mndkati jg kya.y emg g bkal dkt" org si ideal naik trz), ato ...lo blang UU d tgakan (btan. Djalankn), publik uda pnter, sprmasi hkum uda oke, tp cba jabarin k gue utk hal itu kta prlu apa? sbrapa bnyak cita" per divisi itu spya jd madani. Bkal sangat sangat sangat susah (mencba tdk mmkai kta mustahil) utk menjbarkn.y sja. Dan krna dr awl, "kta ambl UU" tjuan.y tu hnya sbgai upaya. Tunjukn gw bunyi uud mana yg mngharuskn trcpai.y tjuan. Pmrntah jg g mw d tntut gra" d uud blang "msal uu guru dan dosen" dosen pzti mencrdaskn murid, bla3. Ato uud pend yg bjibun ato bunyi " stiap wrga ngara brkwjibn mnrma pend" smntara sklah" pd roboh, ank trlantar msh pabalatak. Lantas mw menyalahkn uud, bgtu? Tdak kan. Hodoh cpe. Ntar lg dlnjt. Ribet via gnianSee More
December 16 at 8:19am via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Elly Nu'ma Zahroti
Ih suka bgt de ni, gw punya tmen kyk kalian.
Ap kata lo tentang keidealan it bner din.
Tp dengan pikiran mcam it, hmm, ad kmungkinan justru tidak ad yang dikejar. Keidealan. Madani sebagai sallah satu dr keidealan. Yang g kita tau btasnya, st...andarnya, bahkan bigung jg mengenai indikatornya, y jelas aj g bgitu diharapkan atau diinginkan scara murni.
Eh tp kn ad 'karakteristik' yang ditentukan sejak awal, sbnernya cm itlah yang perlu diwujudkan, g usah mikir dlem" lagi, apa yang sebenarnya dr masih masing karakteristik it.
Ih, tp klo g dipikirin kita mana tau dasar untuk memulai mewujudkan karakteristik karakteristik it y..
Ahh..See More
December 16 at 8:25am via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Elly Nu'ma Zahroti
Gak tu, gw gak akan bilang ad yang mendekati keidealan. Gw sangat tidak menjunjung hal it. Lagipula lo yang mengingatkan gw bahwa batas keidealan it aj ntah yang mna, atau terus bertambah ketika ad suatu tetapan, y buat gw mikir yang "mende...kati" it pun g ad.

Hadoohh.. Gila y, emang ribet, kyknya lo musti hadir di kelas gw de din.

Sol menyalahkan uud, selama in kita sempet mikir untuk bs seperti it, tp tidak man, ujung ujungnya g ad yang bisa disalahkan.See More
December 16 at 8:31am via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Dinni Maura Azimuth Azure
Nah.. Aduh.. Uda berbusa mw nuls. Tp males smpah. Sudahi saja lah ly. Bcra gnian emg g bkal ada absnya.. Trnyta emg bner. Debat d kelas gw g bkal ada apa".y dbndng brfilosofi sma lo. D klas tu blm apa" uda blang ya udah lah 2x. Dan dsna gw ...adlh org plng mles nerusn debat. Cma sma lo gw pewe beradu argumen. Krna pda dsar.y kta bkal sling mnyetujui. Gw jg sneng bgt pnya tmen kya lo. Holoh. Emg uda lma kta g gni"an ya. G prnah sms brtubi" mpe 6 set, bgadang ngbisin mlm. Heu. coment lu tiga".y bru gw bca. sama" untk mksh.y.. Tntng mskin: krna gw ngrsa gt. Dan, sdkt.y gw stju si sma org" yg krna drinya mrka mskn. Tp gw ttp g tega. Mski kdng" ska mkr gt jg. Oh, enyalah smpah msyrkt. Tp tetep g bsa. Tntng klas lo: ask tuh. Bleh dcba. Amming gw prnah msk klas fska itb pke nama org, tp kalo gw msk kls lo gw pzti ktauan. Skalipun pke srgam (jd ingt 3 idiots). Tp gw g ykn dsna gw bsa ngmng kya gni. Lo kan tw retorka gw dlm acra forml kya apa. Dan kmaluan gw sgde ap. Hmh, ok de trakhr. Ksh tw jg tntng smw" karaktrstk ituSee More
December 16 at 9:34am via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Dinni Maura Azimuth Azure Btw.. Mimik.y dadan emg kbyang.. Hodoh.. Politik bgt dy ya.. Hheu.. Dan azis.. Cieee.. Siapa lg ni? Cba lo knal ameth. Hheu. Tp ntah ding kalo pkn. Tp kalo dbat tknologi ato fska sma dy emg seru. Brasa jd elly + arfan ato yudho @ area x. Ihihi.
December 16 at 9:40am via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Dinni Maura Azimuth Azure Btw lg sblm gw mandi (ahaha. Iya gw tw ko yg ini emg g pntng dsbut), kalo smua ini d post.y d blog gw boleh gg? Siapa tw blog gw jd laku. Ahahahaha.. Maklum pemula. Ha. :D
December 16 at 9:43am via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Sidik Mujahid Mulya
ya kalo menurut aku mah buat mnciptakan masyarakat madani kita musti tau apa itu madani,, ya arti simplenya aja madani itu apa,,
hidup rukun aman sejahtera gotong royong, gt kan??
knapa di negara ini sangat sulit buat menciptakan masyarakat m...adani itu..
krena dari masyarakatnya sendiri yg belum bisa "ngaca" diri siyapa kita..
contoh kecil masalah BBM,, kalo kita bisa ngukur kemampuan dan prioritas dalam mencukupi kebutuhan hdup kita, mau ada subsidi ataupun tidak gakan ada demo yg anarkis..
yg sya lihat org yg belum mampu kaya tp memaksakan diri hidup kaya, sehingga permasalahan yg sebenarnya kecil dibesarbesarkan..
BBM naik?? drasa kita ga mampu beli yasudah cari alternatif lain..
sepeda? jalan kaki? hemat kan ga perlu demo yg anarkis..
masalahnya apa ada yg mau,, GENGSI pastinya..

intinya mah kita ciptakan madani itu dalm diri kita sendiri dulu..

hampura ngacapruk teu puguh.. haha..See More
December 16 at 9:56am • LikeUnlike
o
Dinni Maura Azimuth Azure
Scra teori sih gg ngacapruk jg ko itu. Emg bner pzti kya gt. Hanya sja hdup rukun aman itu pzti bda persepsi.y tiap org.. Kalo bcra hdup rkun aman, org" kaya ya syah" aja. Mereka rukun. Mereka aman. Gotong royong. Bisnis. Lantas mreka madan...i, bgtu? Pngartian madani dsitu sprti.y trlalu umum. Mskpun kta (sya), tdk tw sbnr.y madani yg bnr" madani itu sprti apa. Krna cnth.y sja tdak ada. Kalau pun kta tau bhwa madani adlh bla3 sprti d ajarkn pkn, mnurt sya tdk mutlak mnjdikn kta sbgai madani. Krna stiap org itu brbda. Tdk smw org akn mnrima smw apa yang mrka kthui. Jgnkn yg mrka kthui, sswtu yg mrka ykini sja kdang" dlm plaksnaan.y mrka msh enggan. Untk mslah bbm, utk kndraan khusus.y, bkn mslh gengsi sja, tp efisiensi wktu dan tnaga jg tdk optimal. Bkan brarti jg sya pro demo. Madani itu hanya impian. Dan yg salah, skrang solusi utk mnjdi madani pun hanya sbuah impian. Oh, sudahlah ckup. I quit.See More
December 16 at 10:58am via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Sidik Mujahid Mulya
ya kan saya menekankan intinya dmulai dari dalam diri kita sendiri, ubah mindset kita tentang prioritas kehidupan,,
msalah efisiensi waktu,, disesuaikanlah dgan kmampuan kita jga,,
kita harus lebih pinter pinter lagi memanagemen waktu kita..
s...emua bermula dari diri kita...

emh kalo kata c elly d awal artikel madani itu 'madaniyah',, bikin saya inget k madinah,, kalo perlu contoh masyarakat madani itu seperti apa..?
saya pikir kehidupan masyarakat madinah di masa Rasulullah sangatlah cukup buat kita mencontohnya..
yah kehidupan masa itu yg dijadikan contoh..See More
December 16 at 11:08am • LikeUnlike
o
Elly Nu'ma Zahroti
Dini: hha, lo tu emang best tau. Huuh, kita sudahi aj. Ak jg udah mulai jengah, kn emang g begitu escited critanya. Hanya menawarkan (hoohh, itlah). Huuh kangen. G ad stimulan c, jd y udah g prnah lg de kita kyk gt. Hmm..

Boleh ko, masukin a...j. Kembangin lg.
Lagipula yang in emang g sesuai tema blog ak..See More
December 16 at 5:01pm via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Elly Nu'ma Zahroti
Sidik: ho. G ngacapruk jg ko. Ak stuju sm contoh zaman rasulullahnya. Tp klo dipikir" lg, g semadani yg dibilang kitakita skarang jg..

Oy, buat standar atau karakteristik madani, ad ko din, di paragraf mna y, yang adanya kemandirian dan bla ...bla bla it lho.

Hoohh, udahan yukk.. He. (moody) hhu.See More
December 16 at 5:04pm via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Dinni Maura Azimuth Azure Sipp.. Udahan ahh. G akn aku kmbangn. Aku mw post. Bsrta koment".y mw yg pntng apa kaga. Aku plng bkn kya diary. G artkel. Dan mw polos blang yg trjadi ini. Sbnr.y msh mw ngoment sidik, tp y sudahlahh. Hi. Oke.. Tutup.. Trakhr ni dri aku.. Tnggu khdiran.y d dinitweetyaprilani.blogspot.com.. Hhi..
December 16 at 6:32pm via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Sidik Mujahid Mulya haha iya sip,, udahan ga kan selesai da kayanya kalo dilanjutin jga..
talkless do more..
iya sok ditunggu.. d blognya.. :)
December 16 at 6:35pm • LikeUnlike
o
Dadan Darru Ruchyat
wah uda ktiggalan bnyak li.
skrang liat klo bbm masi 200. haraga smbako rendah kn? trus apa bedanya klo harga minyak 7000? harga smbako menyesuaikn aja kn. toh sama aja. tr jga pada minta naek gaji krna kbutuhan naek. cost tinggi y hrga jual... barang jga tinggi ly. sma aja..

sya ira uda susah buat wujudkn masyarakat madani. bisa survival aja uda susah. masi untung bisa idup jgaSee More
December 16 at 6:43pm • LikeUnlike
o
Elly Nu'ma Zahroti Sya ira? Ira? Siapa?

Hmm.. Iya c, bner". Hmm. Ih emang de, bner kta sidik. Udahan ah. Talk less do more.
Kta dini jg, kita kbanyakan mikir. Mikir doank.
Udahan yu dan? He.
December 16 at 6:46pm via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Dadan Darru Ruchyat uda mles bacanya. kpanjangan,
December 16 at 6:47pm • LikeUnlike
o
Dadan Darru Ruchyat
nah itu kita tu dari sd cma di kasi teori g boleh buang sampah smbarangn dan g dkasi tau pula knapa g boleh.
dan g ada yg ngasih contoh realnya.
just it . finish.
wkwkwkwkwkwkwk :D ktawa2 baca comment2nya. apalagi ocha yg tw2 dateng dan gtw ma...salahnya apa. ikut nyimprung doangSee More
December 16 at 6:49pm • LikeUnlike
o
Elly Nu'ma Zahroti Hha. Iyaa..

Dini: ho, oke de. Atur atur lah.
Eh tp ak aj bingung klo nglampirin komen di blog mles setting layout atau bkin kotaknya. Ntar ak liat de..
Hha. Kapan kapan de kritikin yang sidik lg..
December 16 at 6:50pm via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Sidik Mujahid Mulya haha,, Ok lly..
hayu kita diskusi lagi.. :)
December 16 at 6:53pm • LikeUnlike
o
Al Yasser Ga asik kalian . Berani mulai ga mau menyelesaikan . Kaya cowo yang kabur setelah ngehamilin . :P
December 16 at 7:56pm via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Sidik Mujahid Mulya wkwkwkw.. maneh pisan eta mah serr..
December 16 at 8:03pm • LikeUnlike
o
Dinni Maura Azimuth Azure Ahaha.. Siaaaaaap.. :) eh, elu aja yg hitech bngung, apa kbar dgn sayaaa. ahaha. Sumpah gw greget sma lo. Lo sma dadan ska g nymbung deh. Ntar lah d blog sklian, dsbelah mana lu kocak. Mba eeeel, mba el.
December 16 at 9:07pm via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Ameth Saefulloh
Udah baca..
Hmm..
Lalu apa?
Haha..
Aku stuju ama prnyataan -mulai dari diri sndri-, mgkn lbh tpat'a mlai dr tiap individu..
...Nah bagaimana caranya agar tiap individu sadar akan hal itu?
(maav klo udh dibahas, males baca2 komen, bnyk bgt, hehe)See More
December 16 at 10:08pm via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Elly Nu'ma Zahroti
Yasser: hha. Jangan salahkan bunda mengandung. Lho lho? Hha. Udah jenuh man. Ujung"nya y emang balik lg ke awal..

Dini: aiihh.. Iy bgt emang, dadan ngmng ap gw ngomong ap, mkannya gw ad ralat td. Tp sbnernya nyambung jg kali (kekeuh) buktiny...a dy tetep menanggapi. (atau kpaksa?) hha. Yang paling g nyambung tu yg mna y? Ah.. Hha dan, kapan gw bilang soal kocak he?

Sidik: yoyoi, cr masalah lain lg. Ho.

Ameth: hheu, iy kn telat. Cb klo km buka pas lg free.. Dan yang seru justru bukan di notenya met, tp d komen"nya. G nyambung dan menyimpangnya ak, klo dipikir", malah bnuh diri jg, ngusulin ap narik atau nentang ap. Hho

oy din, y sm" blajar de, ak jg ad sbagian yg diotak atik kaka kn.. Yasser tu, ngeblog tampilannya gt gt doank, tp asik. :pSee More
December 17 at 2:44am via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Ameth Saefulloh Ya org aku free'a jam sgitu mau gimana lg..
Yasudahlah, yg penting mah indo 1-0 philip, haha.. Emg ga nyambung..
December 17 at 5:49am via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Reza Assault madani=madinah=madaniah
December 17 at 6:27am • LikeUnlike
o
Reza Assault pemenuhan kebutuhan sandang pangan papan pendidikan kesehatan harus terpenuhi dulu agar tercipta masyarakat madani.
December 17 at 7:14am • LikeUnlike
o
Dinni Maura Azimuth Azure Holoh. Elly, lu aja sma gw uda g nymbung. Hmp.. Tau deh.. Ntar ajj..
December 17 at 7:48am via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Elly Nu'ma Zahroti Amet: emang. G nyambung. Hha.

Dini: hha. Yuukk.

Reza: hheu. Pemenuhan pangan y. Hmm..
December 17 at 7:53am via Facebook Mobile • LikeUnlike
o
Reza Assault pendidikan kesehatan itu sangant penting
December 17 at 7:55am • LikeUnlike
o
Ghozt Ghozilla Shogunz masarakat malasi??????????????????????????????????
December 18 at 11:41am • LikeUnlike
o
Elly Nu'ma Zahroti Heh, lo tu kaka gw. Komen yang lebih berarti napah. -__-
December 18 at 2:18pm via Facebook Mobile • LikeUnlike


Well, kenapa gue ngasih tunjuk lo tentang ini? Biar bang irpan bahdim maen ke kampus gue (lho? nonton bola aja kaga pernah, sok naksir Irfan Bachdim).. sebenernya ga kenapa2 si. Kepikiran aja. Tapi ya, helloooooooooooooooooooooo,, masih penting ya zaman kaya gini ngasah intelektual pake mikirin keadaan Indonesia, if u wanna heavenly thing, make it. Prove it. Itulah yang membedakan mimpi sama khayalan. Tugas aja numpuk, kuliah selalu ngantuk, UAS depan jidat, pacar manyun mulu, duit ga banyak2, sekarang mikirin peradaban ditengah gunung meletus. Oh, meeeeeeeeeeeeeeeen..! Gue akuin lo cerdas. Abis. Mampus. Gue demen punya temen pada idealis. Dan itu mulia. Jempol deh. Tapi siapa yang peduli kita berbusa adu argumen, keabisan ide, mati, Endonesa tetep kaya gini aja. Tau kenapa? Karena gue rasa kita ga bisa ngerubah peradaban hanya dengan berpikir. Simply, there is something to do. Hanya aja kita ga tau mulai dari mana dan apa itu.

Merubah pola pikir seseorang itu tidak mudah. Dan saat itu berhasil, kalo konteksnya peradaban kan ngehe juga. Menyangkut masyarakat gitu loh . Berapa banyak? Berapa juta? Berapa milyar? Pola pikir mereka menuju si madani itu harus terbentuk disaat bersamaan. Kesadaran kita SEMUA. Gue ulangi biar lebih dramatis, S-E-M-U-A. Jadi kaga bisa maju2 sendiri. Mau nunggu, ya silahkan. Tapi benarkah saat kita menjadi seorang yang patuh kita tidak akan pernah melanggar lagi? ? Bosan itu hilang? Menunggu smpai kapan?? Akankah ada irisan dimana kesadaran kita muncul? Benarkah suatu saat, tunas bangsa Indonesia, kelak presidennya berhasil untuk ini? Bukannya pesimis tapi saya hanya berbicara realistis. Mencoba tidak munafik untuk berkata Indonesia memang sudah begini. Kekacauan itu natural. Kayanya emang dari sononya mesti begitu deh. Inget hukun Termodinamika ll? “Entropi. Sistem bergerak menuju ketidakteraturan (kekacauan)”. Lantas anda bertanya “lalu harus apa kita?” jangan bertanya karena saya pun tak tahu. Dan bahkan saya sudah tak ingin bertanya. Lo kata ini ironis? Ini sarkastis, bung! (padahal mood gue lagi bagus. Kenapa kesannya jadi kaya marah2 ya. Sok, lu ahh din..!)
Terus ngapain gue nulis ginian? Harus ngapain kita? Terus siapa yang salah? Apa? Yang mana? Apa kabar pemerintah? Apa kabar peraturan? Apa kabar kebijakan, Perda, UU? Apa kabar Dora dan Boots? (holoh. Setengah satu pagi di malam natal mulai bikin gue tambah ngelantur. Eh, iya. Buat yang merayakan merry christmas yak,,!). Kabarnya baik2 saja (eh ntah juga ding), yang jelas emang ga ada yang salah. Jadi gue juga ga setuju demo anarkis apalagi masalahnya ga jelas. Kadang pengen nanya pendemo, sebenernya mereka ngerti ga sih lagi ngapain mereka dan buat apa? Apa cuma ikut2an doang? Provokator? Loyalitas kewarganegaraan?
Well, loyalitas kewarganegaraan ya? Kaya apa? Kaya gimana? Buat mewujudkan madani ini, loyalitas memang mutlak dibutuhkan. Kalo semua masyarakatnya pada loyal, mungkin madani bukan lagi utopia. Lantas bagaimana menanamkan loyalitas? Mungkin semua orang sebelum melakukan sesuatu selalu memikirkan konstribusi yang akan ia dapatkan dengan melakukan hal tersebut. Jadi nimbang untung rugi. Orang-orang telah lama mungkin berpikir apa yang akan saya dapatkan dengan mematuhi semua peraturan negara kalo saya comfort dengan begini saja. Kalopun untung ga bakal se berapa. Toleransi memang sudah langka dan tak ada alternatif untuk menggantikannya.
Oh, haruskah pemerintah ngebayar tiap warga negaranya yang patuh (secara, gue simpulin kalo warga Indonesia tu pada matre. Termasuk gue. Hehehe. Tapi gue ga asal jeplak loh. Orang sekarang kalo ngelakuin sesuatu ga ada duitnya mana mau sih? Setidaknya memang tidak semua. Tapi dominannya)? Jadi saat kita mematuhi peraturan kita bakal dapet duit “anggaran kedisiplinan menuju kesejahteraan” dari pemerintah. Orang yang makin patuh bakal makin kaya, makin makmur, sejahtera. Sehingga otomatis orang-orang bakal pada menanamkan kedisiplinan tinggi supaya jadi kaya. Hrrr, logis ga sih? Oh, dan parahnya, gue sekarang nulis ginian karena ada program pemerintah yang dibikin mirip sistem MLM guna menyadarkan masyarakat untuk berdisiplin ria dan mengembangkan loyalitasnya terhadap negara. Sehingga kemudian lantas akhirnya, si gue bikin post tentang masyarakat madani, nambah deh omset gue. Makin banyak yang baca, makin tebel dompet gue. Makin banyak orang terpengaruh bahkan jadi sok idealis dan nyebar-nyebarin penyuluhan (penyuluhan? Bahasanya ga enak benget yak, eh emang bahasa gue ada yang enak ya? ahaha) ginian ngikutin jejak gue, makin tinggi kursi gue di Departemen Kementrian Publikasi dan Marketing Filosofis Berantai Menuju Kedisiplinan dan Kemakmuran Rakyat. Hmh, bisakah demikian?
Udahan ahh, ngantuk. Takut dikutuk juga. Ho. These is what in my mind. Not to judge, that is true. Just an opinion.. doesnt mean yaaaaa,, jadi on me ato ga, no problemo. hhe. Thathaaaaaaaaaaaaaaa...... see yaou,, ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar